Proposal Keserasian Sosial

PROPOSAL : PELAKSANAAN KEGIATAN KESERASIAN                         BERBASIS MASYARAKAT BAB I PEN...

PROPOSAL : PELAKSANAAN KEGIATAN KESERASIAN
                        BERBASIS MASYARAKAT

BAB I
PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang
Desa Grogol adalah salah satu Desa di Kecamatan Kapetakan yang mempunyai luas wilayah 330 Km2. Jumlah penduduk Desa Grogol sebanyak 6.449 jiwa yang terdiri dari 3.238 laki-laki dan 3.211 perempuan dengan jumlah kepala keluarga sebanyak 1.960 KK.
Batas-batas administratif Pemerintahan Desa Grogol Kecamatan Kapetakan sebagai berikut :
  • Sebelah Utara   : Desa Kapetakan
  • Sebelah Timur   : Desa Grogol dan Desa Pegagan Lor
  • Sebelah Selatan : Desa Karangkendal
  • Sebelah Barat    : Desa Sibubut Kecamatan Gegesik
Dilihat dari Topografi dan kontur tanah Desa Grogol Kecamatan Kapetakan secara umum berupa daratan dan bukan pantai yang berada pada ketinggian antara 2,75 M s/d 3 M diatas permukaan laut dengan suhu rata-rata berkisar antara 290 s/d 330 Celcius. Desa Grogol terdiri dari IV (empat) Dusun, 6 (enam) RW, dan 24 (dua puluh empat) RT. Orbitasi dan waktu tempuh dari Ibu kota Kecamatan Kapetakan 2 Km dengan waktu tempuh 10 menit dan dari Ibu Kota Kabupaten Cirebon 25 Km dengan waktu tempuh 60 menit.

Permasalahan di Desa Grogol yang terjadi di kalangan masyarakat sering adanya kecemburuan sosial pada saat adanya bantuan baik berupa fisik maupun non fisik dalam hal pemerataan, karena masyarakat masih kurang menyadari arti dari skala prioritas. Sebagi contoh di bidang pembangunan di tiap dusun atau blok, misalnya Peningkatan Pengaspalan jalan desa, perbaikan saluran air, penyediaan sarana olahraga, dll.

Mengingat sangat terbatasnya dana bantuan yang di alokasikan ke Desa, maka tidak semua blok yang ada di desa bisa merata dalam pemberian sarana – sarana tersebut. Akibat dari itu semua, maka sering terjadi perselisiahan antar warga, dan konflik – konflik lainnya.

Dengan adanya Program Keserasian Sosial ini kami Forum Program Keserasian Sosial ini mencoba untuk menjembatani keinginan masyarakat dengan melakukan identifikasi masalah yang sering menimbulkan perselisihan. sehingga diharapkan dapat terbentuknya kondisi yang kondusif. Rasa saling peduli dan gotong royong bisa tumbuh kembali, serta kesadaran bersosial masyarakat semakin nampak.
  1. Dasar/ Landasan Hukum
  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penaggulangan Bencana;
  2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana;
  3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pengelolaan Bantuan Bencana;
  4. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2008 tentang Badan Nasional Penanggulangan Bencana;
  5. Surat Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) Kementerian Sosial RI Nomor 408/LJS/SKBS/KSM.107/2013 tertanggal 28 Juli 2013 perihal Pemantapan Tenaga Pendamping Keserasian Sosial Tahun 2013;
  6. Surat Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cirebon Nomor 465/709A/Balinsos & PB tertanggal 28 Juli 2013, perihal Sosialisasi Program Keserasian Sosial dan Pembentukan Forum Keserasian Sosial.
  1. Maksud dan Tujuan
  • Maksud
Dengan adanya Program Keserasian Sosial ini sebagai upaya untuk mendorong dan memotivasi masyarakat agar dapat berperan aktif secara swadaya, baik swadaya materi maupun non materi dengan penuh kesadaran, dalam rangka menciptakan rasa kebersamaan, semangat gotong royong, sehingga terciptanya masyarakat yang harmonis.
  • Tujuan
Membangun suasana kehidupan bermasyarakat yang berkeserasian sosial atas inisiatif prakarsa diri sendiri. Sehingga masyarakat mampu menggagas dengan melakukan rencana dan membuat langkah-langkah, dan hasilnya dapat dirasakan oleh diri sendiri maupun oleh orang lain.

BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN
  1. Nama Kegiatan
Berdasarkan hasil dari musyawarah warga masyarakat Desa Grogol, rencana dari Program Keserasian Sosial ini adalah sebagai berikut :
  • Penetrasi Pengaspalan Jalan Desa.
2. Maksud dan Tujuan
  • Maksud
Dengan adanya Program Keserasian Sosial ini sebagai upaya untuk mendorong dan memotivasi masyarakat agar dapat berperan aktif secara swadaya, baik swadaya materi maupun non materi dengan penuh kesadaran, dalam rangka menciptakan rasa kebersamaan, semangat gotong royong, sehingga terciptanya masyarakat yang harmonis.
  • Tujuan
Membangun suasana kehidupan bermasyarakat yang berkeserasian sosial atas inisiatif prakarsa diri sendiri. Sehingga masyarakat mampu menggagas dengan melakukan rencana dan membuat langkah-langkah, dan hasilnya dapat dirasakan oleh diri sendiri maupun oleh orang lain.

3. Manfaat Kegiatan
Manfaat Kegiatan adalah sebagai upaya meningkatkan peran serta Masyarakat, Swadaya dan Kesetiakawanan Sosial.
  1. Lokasi Kegiatan
  • Penetrasi Jalan Desa dengan menggunakan Penetrasi antara lain :
    • Blok 1 dan Blok 2 (RT 01 s/d RT 08).
  1. Waktu Pelaksanaan
Waktu pelaksanaan Pembangunan Pengaspalan Jalan Desa, akan dilaksanakan selama 45 hari kalender kerja, dengan dilakukan secara periodik dan bergotong-royong antara masyarakat sehingga di harapkan pembangunan selesai sesuai dengan jadwal waktu yang di rencanakan dari Bulan Juli sampai dengan Bulan Desember 2013.
  1. Rencana Kegiatan
Kegiatan penetrasi jalan di Dusun 1 dan Dusun 2 Desa Grogol yang dilaksanakan secara gotong royong sebagai upaya menserasikan warga masyarakat di lokasi tersebut agar bersedia dan dapat bertanggung jawab terhadap upaya pembangunan dan pemberdayaan masyarakat didesanya.
Kegiatannya dilakukan bersumber dana dari APBN (bantuan dari program keserasian sosial) dan Swadaya masyarakat setempat sehingga Keserasian Sosial dapat terwujud.
Rencana pelaksanaan kegiatannya dilakukan sesuai dengan jadwal kegiatan yang sudah dibuat oleh forum Keserasian sosial desa Grogol kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon.
  1. Pelaksana Kegiatan
Pelaksana Kegiatan adalah Forum Keserasian Sosial Desa Grogol Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon.
  1. Sumber Kegiatan
Sumber Kegiatan Keserasian Sosial Berbasis Masyarakat merupakan yang dilakukan secara Gotong royong yang berlokasi di Dusun 1 dan Dusun 2 yang bersumber dari APBN dan Swadaya Masyarakat dengan Rincian RAB terlampir.

NO
JENIS KEGIATAN
ALOKASI ANGGARAN
JUMLAH TOTAL
APBN
APBD
SWADAYA

1.





Penetrasi Pengaspalan Jalan Desa



70 %


-




30 %




100 %



  1. Dukungan Warga
Bahwa Kegiatan Keserasian Sosial yang berlokasi di Dusun 1 dan Dusun 2 yang dilaksanakan secara Gotong royong dan swadaya oleh Masyarakat sebagai bentuk manifestasi dari Kestiakawanan dan Keserasian Sosial.
  1. Keadaan Existing photo 0 %
  • Penetrasi Jalan Desa di Dusun 1 dan Dusun 2
Desa GROGOL Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon


  1. Jadwal Kegiatan

Jadwal kegiatan penetrasi Jalan desa Grogol dilaksanakan dalam waktu 45 hari minggu ke-3 bulan September 2013 sesuai jadwal terlampir.


BAB III
PENUTUP

Demikian Proposal Pengajuan Kegiatan Forum Program Keserasian Sosial Desa Grogol Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon dibuat, besar harapan kami agar Bapak mengabulkan ajuan ini dikarenakan kami berkeyakinan bahwasannya bantuan yang Bapak berikan dapat bermanfaat bagi Masyarakat Desa Grogol pada umumnya.

Atas perhatian dan terkabulnya Proposal Kegiatan, kami atas nama masyarakat Desa Grogol mengucapkan beribu-ribu terima kasih semoga apa yang Bapak berikan dapat dijadikan oleh Allah SWT sebagai tabungan amal jariyah. Amin Ya Robbal Allamin.

                                                                                                               Grogol,....................2013
                                                                                                                   Forum Keserasian Sosial
                                                                                                                            Desa Grogol


                                                                                                                      YASIN SYUHADA
                                                                                                                                Ketua

Related

Proposal 2588363392643640760

Follow Us

Terpopuler

Terbaru

item